Pemerintah: Kunjungan ke Kepulauan Seribu saat Libur Lebaran Dongkrak Ekonomi Warga

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 18 April 2024 | 02:26 WIB
Kepulauan Seribu (wikipedia)
Kepulauan Seribu (wikipedia)

SinPo.id -  Sebanyak 36.411 wisatawan mengunjungi Kepulauan Seribu di periode 8-15 April 2024. Kepala Seksi Atraksi Pemasaran dan Ekonomi Kreatif, Suku Dinas Parekraf Kepulauan Seribu, Ahmad Farihin mengatakan, Kepulauan Seribu masih menjadi destinasi wisata favorit masyarakat untuk mengisi waktu liburan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

"Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan tentunya dapat mendongkrak perekonomian kreatif warga setempat," kata dia pada Rabu 17 April 2024. 

Menurut dia, jumlah kunjungan wisatawan di masa libur Lebaran kali ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.
Jumlah kunjungan wisatawan pada libur Lebaran tahun lalu sekitar 29 ribu orang.

"Kami pun akan terus mengembangkan inovasi dan pembaruan agar destinasi wisata kebanggaan Jakarta dapat terus bangkit," ujarnya.

Farihin menjelaskan, jumlah wisatawan nusantara yang berlibur ke Kepulauan Seribu dalam masa libur cuti bersama Lebaran tahun ini mencapai 35.452 orang.

"Uuntuk wisatawan mancanegara yang datang dalam periode yang sama berjumlah 959 orang," terangnya.

Menurutnya, puluhan ribu wisatawan tersebut menyeberang dari empat pelabuhan yang ada di Jakarta dan Tangerang. Rinciannya, Dermaga Muara Angke sebanyak 14.338 orang, Dermaga Marina Ancol berjumlah 6.434 orang, Dermaga Tanjung Pasir 12.411, dan Dermaga Cituis mencapai 3.228 orang.

"Puncak atau lonjakan kunjungan wisatawan terjadi pada H+3 Lebaran dengan jumlah 8.103 orang," ungkapnya.

Kepulauan Seribu, imbuh Farihin, memang kerap menjadi pilihan wisatawan, dikarenakan aksesnya mudah dijangkau, fasilitas bagi wisatawan memadai, dan harga penginapan terjangkau. Bahkan, ada di beberapa pulau telah dilengkapi wahana menarik hingga hiburan musik gratis untuk wisatawan.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelayanan Unit Pengelolaan Angkutan Perairan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Suparto Napitu membenarkan terjadi lonjakan wisatawan pada H+2 dan H+3 Lebaran yang capai enam ribu penumpang dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. 

"Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pada libur Lebaran ini kami menambah dua unit armada kapal Dishub yang berkapasitas 50 penumpang per kapal. Jadi ada enam unit kapal yang dioperasikan," tuturnya.

Ia menambahkan, melihat animo wisatawan yang tinggi setiap tahunnya akan terus diupayakan adanya penambahan kapal dan merangkul kapal-kapal tradisional milik warga agar masuk ke sistem kerja transportasi laut Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Kita ingin terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat. Apabila ada kekurangan nantinya akan kita lakukan perbaikan," tandasnya.sinpo

Komentar: