KONFLIK DI GAZA

2 Perwira Israel di Gaza Dipecat Terkait Kematian Pekerja Bantuan

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 06 April 2024 | 03:35 WIB
Israel (pixabay)
Israel (pixabay)

SinPo.id -  Pasukan Pertahanan Israel (Israeli Defense Forces/IDF) mengumumkan pemecatan dua perwira pada hari Jumat 5 April 2024 sehubungan dengan serangan udara yang menewaskan tujuh pekerja bantuan awal pekan ini di Jalur Gaza.

Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan kesimpulan penyelidikan atas insiden 1 April itu, IDF mengatakan seorang komandan brigade berpangkat mayor, dan seorang kepala staf brigade berpangkat kolonel pada pasukan cadangan IDF, akan dipecat. Selain itu, seorang komandan brigade, seorang komandan divisi dan seorang kepala komando selatan semuanya menerima surat peringatan.

Pernyataan IDF itu mengatakan bahwa para perwira yang bertanggung jawab telah salah mengidentifikasi tiga kendaraan yang terkait dengan kelompok bantuan pangan internasional World Central Kitchen. Mereka percaya bahwa seorang pria bersenjata Hamas bersembunyi di dalam salah satu kendaraan tersebut.

Laporan itu menyatakan, “Serangan terhadap tiga kendaraan tersebut dilakukan merupakan pelanggaran serius terhadap perintah dan Prosedur Operasi Standar IDF.”

Pernyataan selanjutnya mengatakan, “Temuan penyelidikan menunjukkan bahwa insiden tersebut seharusnya tidak terjadi. Mereka yang menyetujui serangan tersebut yakin bahwa mereka menarget operasi bersenjata Hamas dan bukan karyawan WCK.”

Pernyataan tersebut melanjutkan, “IDF menganggap serius insiden tragis yang merenggut nyawa tujuh pekerja bantuan kemanusiaan yang tidak bersalah. Kami menyatakan kesedihan mendalam kami atas kematian tersebut dan menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga dan organisasi WCK.” [lt/ab]sinpo

Komentar: