SIDANG PHPU MK

Otto ke Faisal Basri: Apa Salahnya Pemerintah Salurkan Bansos?

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 01 April 2024 | 15:32 WIB
Suasana sidang sengketa Pilpres di MK (SinPo.id/ Dok. MK)
Suasana sidang sengketa Pilpres di MK (SinPo.id/ Dok. MK)

SinPo.id - Tim hukum Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan mempertanyakan, apa yang salah jika pemerintah pemerintah membagikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Karena, pemberian Bansos sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Pertanyaan itu dilontarkan Otto kepada Faisal Basri selaku saksi ahli yang dihadirkan kubu Anies-Muhaimin dalam sidang sengketa PHPU Pilpres 2024 di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 1 April 2024.

"Saudara Ahli, kita tahu bahwa bansos ini kan berdasarkan keputusan pemerintah dan DPR, sehingga ada undang-undang tentang itu. Di DPR itu semua ada fraksi-fraksi ada di sana, PDIP, PKS, Demokrat, diputuskan lah adanya bansos. Tentunya sebagai keputusan, undang-undang, tentunya pemerintah wajib melaksanakan undang-undang itu. Lantas, seakan-akan ada yang salah kalau pemerintah melaksanakan bansos itu. Pertanyaan saya adalah, apa salahnya pemerintah kalau menyalurkan bansos ini?" tanya Otto.

Menurut Otto, penyaluran Bansos, tidak hanya dilakukan oleh salah satu calon tertentu. Karena, penyaluran Bansos sudah dibahas di DPR.

"Apa yang salah? Apa dasar saudara menyalahkan pemerintah ketika menyalurkan bansos sesuai perintah undang-undang kepada masyarakat?" tanya Otto.

Faisal Basri lalu menjawab bahwa pelaksanaan bansos ini dilaksanakan para menteri yang menyebut 'ini dari Pak Jokowi' bukan persetujuan DPR.

"Apa yang diinginkan Pak Jokowi harus terwujud itu yang membuat situasinya lebih masif dan it's matter of time saja nanti pemerintah bansos juga banyak yang tumpang tindih," jawab Faisal Basri.sinpo

Komentar: