MUDIK LEBARAN 2024

Antisipasi Macet Mudik di Jabar, Korlantas Gandeng Kemenhub

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 01 April 2024 | 13:15 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Korlantas Polri menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi kepadatan mudik di Jawa Barat (Jabar). Volume kendaraan di wilayah tersebut diprediksi sangat padat.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan pihaknya akan menerapkan contraflow, one way. Selain itu polisi juga menerjunkan tim urai untuk mengatasi kemacetan.

“Sudah menyiapkan cara bertindak yang akan dilakukan mulai contraflow, one way sampai nanti akan menerjunkan tim urai,” kata Aan dikutip dari laman resmi Polri, Senin, 1 April 2024.

Menurut Aan, langkah tersebut akan dibarengi dengan penyiagaan kendaraan operasional tim urai, termasuk tim urai dari polisi wanita (polwan).

“Dengan harapan pada saatnya nanti para pengemudi bisa lebih patuh lagi,” ujar Aan.

Aan mengatakan Korlantas Polri juga berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memetakan tempat-tempat rawan kemacetan dan menyiapkan rekayasa lalu lintas.

“Untuk memetakan tempat-tempat yang rawan kemacetan dan menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas mulai dari pengalihan, penutupan, sampai one way,” papar dia.

Sebelumnya, Aan mengungkapkan Jawa Barat menjadi salah satu titik rawan kepadatan saat mudik. Polri telah menyusun strategi guna mengantisipasi hal itu.

“Jawa Barat ini menjadi yang luar biasa yang memiliki titik rawan kepadatan arus lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran 2024,” kata dia.sinpo

Komentar: