MUDIK LEBARAN 2024

Posko Keamanan Terpadu Layani Pemudik di Terminal Kampung Rambutan

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 01 April 2024 | 01:25 WIB
Kampung Rambutan (wikipedia)
Kampung Rambutan (wikipedia)

SinPo.id -  Jelang arus mudik Idulfitri 1445 H, Terminal Bus AKAP Kampung Rambutan, Jakarta Timur, sudah mendirikan posko keamanan terpadu dan lakukan pra ramp check kendaraan yang beroperasi.

Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni mengatakan, tenda untuk posko terpadu sudah didirikan sejak  Rabu 27 Maret 2024 kemarin di area ruang tunggu dan lajur keberangkatan tujuan Jawa Barat. Di tenda ini disiapkan kursi dan meja untuk petugas piket.

"Untuk operasionalnya masih menunggu rapat gabungan yang biasanya digelar di Polda Metro Jaya. Hasil rapat itulah ditentukan kapan posko ini dioperasikan," kata Dhoni, Sabtu 30 Maret 2024

Sementara, Kepala Unit Pengelola Terminal Dinas Perhubungan DKI, Syamsul Mirwan mengatakan, Posko Keamanan Terpadu kemungkinan akan dioperasikan mulai.3  hingga 18 April mendatang.

Menurutnya, Posko Terpadu itu nantinya dijaga petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, pengelola terminal, TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BNNP, Pramuka dan unsur terkait lainnya.

Masing-masing unsur akan bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Seperti petugas TNI/Polri, Satpol PP melakukan pengamanan. 

Kemudian Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan awak bus hingga calon pemudik. Selain itu BNNP melakukan pemeriksaan tes urine pada awak bus dan sebagainya.

Disebutkan,  pihaknya juga mensosialisasikan pengurus PO Bus agar mempersiapkan armadanya secara prima demi keselamatan, kemanan dan kenyamanan penumpang saat berangkat  dan balik mudik nanti.

"PO Bus sudah kita imbau untuk menyiapkan bus cadangan di terminal-terminal keberangkatan maupun di pool bus. Ini untuk antisipasi adanya armada yang tidak laik jalan maupun kejadian lainnya yang butuh cepat bus pengganti," tandas Syamsul
sinpo

Komentar: