Legislator Golkar: Tak Ada Alasan Menggunakan Hak Angket Kecurangan Pemilu

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 23 Februari 2024 | 20:54 WIB
Dave Laksono (SinPo.id/dok.Golkar)
Dave Laksono (SinPo.id/dok.Golkar)

SinPo.id - Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono menilai tak ada urgensi melakukan hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024. Dia menegaskan Golkar menolak wacana usulan tersebut.

"Hak angket itu pasti Golkar menolak. Sama seperti tadi Pak Budi Arie sampaikan tidak ada alasan melakukan (menggunakan -red) hak angket," kata Dave kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 23 Februari 2024.

Dave menilai adanya dugaan kecurangan itu baru tuduhan secara emosional sesaat karena pasangan capres dan cawapresnya gagal memenangkan Pilpres 2024. Dia menyebut Golkar akan mengawal hal ini agar tak bergulir menjadi suatu hal yang lebih besar.

"Ada kecurangan itu baru tuduhan tuduhan kita melihatnya ini adalah emosional sesaat dari mereka yang gagal untuk mencapai kemenangan. Akan kita kawal terus, jangan sampai bergulir dari hanya sekadar wacana bisa menjadi suatu hal yang besar," tutur anggota Komisi I DPR ini.

Dave kembali menekankan Golkar tegas menolak adanya wacana hak angket. Sebab, Golkar tetap meyakini pemilu berjalan dengan baik, sesuai dengan aturan dan ketetapan yang telah ditentukan.

"Kita pasti akan menolak dan meyakini bahwa pemilu tetap berjalan dengan baik sesuai dengan aturan dan ketetapan yang telah ditentukan," ucap dia.

Dave meyakini Mahkamah Konstitusi (MK) penuh kejujuran dan terbukti berulang kasus yang diajukan dan diputuskan sesuai dengan fakta dan kenyataan yang sebenarnya. Jika terkumpul bukti kecurangan, kata Dave, Partai Koalisi Prabowo-Gibran tetap meyakini Pemilu berjalan dengan baik.

"Kami yakin MK masih penuh dengan kejujuran dan menjunjung tinggi kebenaran dan terbukti dengsn berulang kali kasus yang diajukan diputuskan sesuai dengan fakta dan kenyataan yang sebenarnya," ujarnya.

"(Jika terbukti kecurangan) Ya nanti itu hak konstitusional dan institusi masing-masing akan tetapi kami yang pasti dari psrtai koalisi pendukung baik pemerintah atau pun juga koalisi pak prabowo ini meyakini bahwa pemilu berjalan dengan baik dan hasil adalah benar-benar sesuai dengan keinginan rakyat," timpal dia.sinpo

Komentar: