KAI: Sebanyak 210 Ribu Tiket KA Untuk Lebaran Sudah Terjual

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 22 Februari 2024 | 20:02 WIB
penumpang KA (SinPo.id/KAI)
penumpang KA (SinPo.id/KAI)

SinPo.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sebanyak 210.944 tiket kereta api (KA) telah terjual untuk masa angkutan Lebaran 2024 periode H-10 sampai dengan H-3. 

Jumlah penjualan tersebut sebanyak 24 persen dari total tiket yang sudah bisa dipesan sebanyak 888.583 tiket.

"Berdasarkan pantauan data pada Kamis pukul 12.00 WIB, total penjualan tiket pada periode H-10 sampai dengan H-3 sebanyak 210.944 tiket," kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 22 Februari 2024.

Joni menjelaskan, dominasi pemesanan pada periode tersebut yakni tiket KA dari arah barat (Jawa Barat dan Jakarta) menuju ke arah timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

"Sejumlah perjalanan KA okupansinya telah mencapai 100 persen untuk keberangkatan dari barat ke timur pada hari-hari tertentu menjelang hari H Lebaran seperti pada KA Argo Bromo Anggrek, Argo Wilis, Taksaka, Brantas, dan lainnya," ujarnya.

Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode angkutan Lebaran, yakni Jakarta-Surabaya, Jakarta-Solo, Bandung-Blitar, Jakarta-Purwokerto, Jakarta-Malang, dan relasi lainnya.

Lebih lanjut, Joni mengatakan, jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur connecting train pada aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

KAI akan menambah perjalanan KA seperti yang selalu dilakukan saat periode peak season. Hal ini untuk mengakomodasi lonjakan permintaan masyarakat akan layanan KA pada periode angkutan Lebaran 2024.

"Untuk detil perjalanan KA tambahan tersebut, akan kami informasikan pada kesempatan lebih lanjut," tandasnya. sinpo

Komentar: