Kompolnas Nilai Polri Bekerja Maksimal Amankan Seluruh Tahapan Pemilu 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 17 Februari 2024 | 14:18 WIB
Anggota Kompolnas, Poengky Indarti (Sinpo.id/TribrataNews)
Anggota Kompolnas, Poengky Indarti (Sinpo.id/TribrataNews)

SinPo.id - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bekerja secara maksimal selama mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024.

"Termasuk saat proses pencoblosan tanggal 14 Februari lalu,” ujar Komisioner Kompolnas Poengky Indarti dalam keterangannya dikutip Sabtu, 17 Februari 2024.

Poenky menyebut, pihaknya melakukan penilaian ini usai mengawasi terhadap pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2024 yang dilaksanakan oleh Polri dalam rangka menjaga dan mengawal pesta demokrasi berjalan aman, damai dan lancar.

Menurut dia, pengawasan dilakukan oleh Kompolnas dengan mendatangi sejumlah Polda untuk memantau langsung pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2024.

Bahkan pada hari pencoblosan, kata Poengky, para komisioner Kompolnas melakukan pengawasan di tempat-tempat pemungutan suara (TPS) yang menjadi tempatnya menyalurkan hak pilih.

"Kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan tugas pengawasan terhadap anggota Polri yang melakukan pengamanan pelaksanaan coblosan Pemilu,” ungkap dia. 

Lebih lanjut, Poengky mengatakan, setelah menyalurkan hak pilih, masing-masing komisioner berkeliling mengawasi di wilayah tempatnya mencoblos.

Terkait adanya dugaan kecurangan yang terjadi dalam Pemilu, Poengky menyebut hal tersebut menjadi kewenangan dari Bawaslu untuk menanganinya. Polri, kata dia, sudah bekerja secara maksimal dalam menjaga keamanan dan mengawal pelaksanaan Pemilu berjalan aman dan lancar.

“Dimohon kepada masyarakat yang menduga ada kecurangan-kecurangan dalam Pemilu, dipersilahkan untuk melapor ke Bawaslu agar segera dapat ditindaklanjuti,” kata Poengky.sinpo

Komentar: