Pemilu 2024, Jokowi: Jangan Teriak-Teriak Curang, Ada Bukti Bawa ke Bawaslu dan MK

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 15 Februari 2024 | 16:26 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/Setpres)
Presiden Jokowi (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat hingga pihak-pihak tertentu tidak hanya mengeluhkan soal adanya dugaan kecurangan di Pemilu 2024. 

Menurut Jokowi, mereka yang tidak puas dengan hasil pemilu bisa langsung melapor ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ada mekanismenya untuk ke Bawaslu. Mekanisme nanti persidangan di MK. Nanti saya kira udah diatur semuanya. Jadi janganlah teriak-teriak (pemilu) curang," kata Jokowi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis, 15 Februari 2024.

Namun begitu, Mantan Walikota Solo itu merasa cukup yakin dengan penyelenggaraan Pemilu 2024. Sebab menurutnya sudah ada pengawasan yang berlapis selama proses berlangsungnya pemilihan.

"Caleg itu ada saksi di tempat pemungutan suara (TPS). Partai ada saksi di TPS, capres-cawapres kandidat ada saksi di TPS. Di TPS ada Bawaslu. Aparat juga ada di sana, terbuka untuk diambil gambarnya," ujar Jokowi.

"Saya kira, apa, pengawasan yang berlapis-lapis seperti ini akan menghilangkan adanya kecurangan," tambahnya.

Lebih lanjut, Jokowi pun menyebut pentingnya bukti dalam membuat laporan adanya dugaan kecurangan di Pemilu 2024. "Ada bukti bawa ke Bawaslu, ada bukti bawa ke MK," tegasnya.sinpo

Komentar: