Bawaslu DKI Patroli ke Lapangan Antisipasi Serangan Fajar Jelang Pencoblosan

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 13 Februari 2024 | 20:18 WIB
Ilustrasi money politik (SinPo.id/NUonline)
Ilustrasi money politik (SinPo.id/NUonline)

SinPo.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta akan melakukan patroli untuk mengantisipasi terjadinya serangan fajar menjelang pencoblosan Pemilu 2024.

"Malam tanggal 13 Februari kami akan turun untuk patroli pengawasan politik bersama seluruh jajaran untuk memastikan tidak ada politik uang/serangan fajar menjelang pemungutan suara," kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu DKI Jakarta, Burhanudin dalam keterangannya, Selasa, 13 Februari 2024.

Burhanudin menjelaskan, dalam melakukan patroli, Bawaslu DKI Jakarta akan berkolaborasi dengan pihak kepolisian dan Kejaksaan Negeri yang tergabung di dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

"Kami tergabung dengan Sentra Gakkumdu, bersama pihak kepolisian dan Kejaksaan Negeri. Jadi nanti kami ajak mereka supaya kalau menemukan tindakan politik uang bisa langsung ditindak," ujarnya.

Menurutnya, patroli akan dihentikan pada dini hari menjelang pencoblosan. "Monitoring dilakukan sampai waktu subuh. Nanti kami ajak rekan-rekan media juga untuk ikut berpartisipasi," tuturnya.

Selain itu, Bawaslu DKI juga akan melakukan monitoring persiapan di tempat pemungutan suara (TPS) lokasi khusus seperti lapas dan panti.

"Sekitar jam 10 di lapas Cipinang dan dan jam 11 di Lapas Salemba," tandasnya.sinpo

Komentar: