AHY Apresiasi Prabowo Minta Maaf di Closing Debat Capres Terakhir

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 05 Februari 2024 | 12:35 WIB
Ahy (SinPo.id/anam)
Ahy (SinPo.id/anam)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengapresiasi sikap capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang menyampaikan permintaan maaf kepada para kandidat lain dan beberapa pihak pada debat kelima Pilpres 2024.

AHY menilai Prabowo bersikap sangat ramah dengan meminta maaf saat menyampaikan pernyataan penutup closing statement dalam debat kelima Pilpres 2024. 

"Yang saya sangat apresiasi beliau yakin pada saat closing statement, beliau menyampaikan dengan sangat humble permintaan maaf kepada semua paslon, permintaan maaf kepada rakyat Indonesia atas mungkin selama masa kampanye ini ada kata-kata yang kurang berkenan, tidak pas,"kata AHY usai debat kelima Pilpres di JCC Senayan, Jakarta, dikutip Senin, 5 Februari 2024.

Putra Sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu pun menyebut Prabowo sebagai pemimpin berjiwa besar lantaran menyampaikan maaf secara terbuka.

Menurutnya, tidak semua pemimpin dan politisi mampu berjiwa kesatria dan memiliki sikap itu. Ia juga menyoroti suasana debat terakhir yang berjalan dengan sejuk dan cenderung mengedukasi.

"Debat yang bersahabat, friendly debate, sangat mengedukasi dan sejuk juga walaupun tetap kritis," ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo menyampaikan permintaan maaf atas nama Prabowo-Gibran dan Koalisi Indonesia Maju (KIM) kepada dua paslon lainnya, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Prabowo meminta maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan selama kampanye pada kontestasi Pilpres 2024.

Prabowo turut meminta maaf kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI jika mereka melakukan tindakan yang kurang pas.

"Kita baru saja beberapa bulan ini melaksanakan kampanye yang penuh dengan semangat, penuh dengan kontestasi, kadang-kadang penuh dengan kata-kata yang keras. Tetapi, iktikad kita baik. Saya kira tiga paslon semuanya ingin yang terbaik untuk rakyat Indonesia," ujar Prabowo.

"Karena itu, saya atas nama Prabowo-Gibran dan atas nama KIM, minta maaf kepada paslon 1 Pak Anies-Muhaimin dan paslon 3 Pak Ganjar-Mahfud, seandainya dalam kampanye ini ada kata-kata kami atau perbuatan kami yang kurang berkenan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," tegasnya.sinpo

Komentar: