Piala Asia 2023: Drama Gol Menit Akhir, Jepang Disingkirkan Iran

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 03 Februari 2024 | 23:39 WIB
Iran vs Jepang Piala Asia 2023 (SinPo.id/ Kuwait Times)
Iran vs Jepang Piala Asia 2023 (SinPo.id/ Kuwait Times)

SinPo.id - Timnas Iran memastikan tiket ke semifinal setelah berhasil menyingkirkan Jepang secara dramatis di babak perempat final Piala Asia 2023.

Bermain di Education City Stadium, Qatar, Sabtu, 3 Februari 2024 malam WIB. Timnas Iran mengandaskan perlawanan Jepang 2-1 dengan penentu kemenangan lewat penalti di menit akhir.

Gol kemenangan Iran dicetak Mohammad Mohebi di menit ke-55 dan Alireza Jahanbakhsh menit ke-90+6. Sementara itu, gol Jepang dibuat oleh Hidemasa Morita pada menit ke-28.

Timnas Jepang unggul lebih dulu lewat sepakan Hidemasa Morita di menit ke-28. Morita menusuk ke dalam kotak penalti dengan melewati tiga pemain. 

Tembakannya mampu ditepis penjaga gawang Iran Beiranvand, namun bola yang melambung tetap masuk ke gawang. Samurai Biru unggul 1-0. 

Iran terus menggencarkan serangan usai tertinggal. Di menit ke-39 Iran mendapat peluang melalui Saman Ghoddos, namun sepakan mendatarnya masih melenceng tipis dari sasaran. Hingga babak pertama usai, Timnas Jepang tetap unggul 1-0.

Memasuki babak kedua, Iran yang mengejar ketertinggalan terus menyerang pertahanan Jepang. Gol penyama kedudukan baru tercipta di menit ke-55. Mohammad Mohebi berhasil menjebol gawang Suzuki usai memanfaatkan asisst dari Sardar Azmoun. 

Iran sempat menambah gol di menit ke-65 lewat Azmoun. Usai berhasil lewati bek Jepang, sepakannya mendatarnya masuk sempurna. Namun wasit menganulir gol tersebut karena Azmoun berada dalam posisi offside.

Pertahanan Jepang terus digempur oleh Timnas Iran menit akhir pertandingan. Saat babak kedua akan usai, Iran mendapat hadiah penalti setelah Ko Itakura melakukan pelanggaran di menit 93. Wasit sempat mengecek VAR namun tetap menunjuk titik putih.

Kapten Iran, Alireza Jahanbakhsh yang ditunjuk menjadi algojo penalti dapat melaksanakan tugas dengan baik. Sepakan kerasnya di kanan atas gawang tidak mampu dihalau Suzuki. Gol tercatat di menit ke-90+6.

Timnas Iran akhirnya lolos secara dramatis ke babak semifinal Piala Asia 2023 setelah mempertahankan keunggulan 2-1 atas Jepang.sinpo

Komentar: