Jadi Tuan Rumah MIKTA, DPR Siap Kontribusi Atasi Masalah Global

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 20 November 2023 | 13:16 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani bersama utusan negara anggota MIKTA (Sinpo.id/DPR)
Ketua DPR RI, Puan Maharani bersama utusan negara anggota MIKTA (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id - Dalam perhelatan MIKTA Speakers' Consultation ke-9, Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan, parlemen Indonesia siap berkontribusi aktif untuk bersinergi dengan Pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan.

Karena sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo telah menekankan bahwa tantangan global yang sangat rumit saat ini harus dihadapi dengan kolaborasi dan kerja sama antarnegara.

“Diperlukan kerja sama antara Pemerintah dan parlemen untuk memastikan setiap permasalahan global dapat diselesaikan demi kesejahteraan rakyat,” kata Puan dalam keterangan persnya, Senin 20 November 2023.

Ia mengatakan, nantinya forum konsultasi MIKTA akan memformulasikan bagaimana parlemen negara MIKTA dapat memperkuat kerja sama untuk menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi. Termasuk kerja sama antara parlemen dengan Pemerintah masing-masing negara MIKTA.

Seperti isu perubahan iklim, hingga tantangan yang menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat dan pengambil kebijakan, salah satunya terkait kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). 

“Parlemen negara MIKTA harus berperan menjadi kekuatan positif dan konstruktif bagi dunia yang lebih aman dan sejahtera,” ungkapnya.

Selain itu, kata Puan, MIKTA Speakers' Consultation ke-9 pun bakal membahas bagaimana perubahan dalam hubungan antarnegara, ketegangan regional, dan evolusi norma-norma internasional yang dapat mempengaruhi dinamika geopolitik global.sinpo

Komentar: