Jakarta Batal Gelar Formula E Karena Pemilu 2024, Heru Budi Serahkan Ke JakPro

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 23 Oktober 2023 | 21:15 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut, pihaknya tidak akan ikut campur terkait gelaran Formula E 2024 yang batal dihelat di Jakarta karena bersamaan dengan agenda Pemilu 2024. 

Sebab menurutnya, balapan mobil listrik internasional ini murni business to business (B2B) antara BUMD PT Jakarta Propertindo (JakPro) dengan Formula E Operation (FEO). 

“Saya minta JakPro bisa mengomentari ini. Gelaran ini kan B2B karena situasi politik,” kata Heru kepada wartawan di Jakarta, Senin, 23 Oktober 2023.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu pun menyerahkan masalah ini kepada JakPro. Heru menyarankan JakPro agar berkoordinasi dengan pihak FEO untuk memutuskan apakah tetap menyelenggarakan balapan Formula E 2024, dengan mencari tanggal alternatif atau meniadakan.

"Saya enggak. Cuman JakPro ajak silakan B2B. apakah mundur menguntungkan, atau cari tanggal yang pas saya serahkan," ungkap Heru.

Sebagai informasi, Jakarta dicoret dari kalender Formula E 2024, karena jadwal balapan yang bersamaan dengan agenda kampanye Pemilu 2024.

"Acara yang direncanakan di Jakarta hari Sabtu, 8 Juni, tidak akan dilanjutkan setelah pengumuman masa kampanye dalam pemilihan presiden Indonesia selama sebagian besar bulan Juni," tulis pihak Formula E.

"Hal ini akan berdampak pada logistik pengiriman balapan di jalan-jalan ibu kota pada saat yang sama. Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kelayakan balapan di kota pada tanggal alternatif," lanjutnya. sinpo

Komentar: