DPR Ingatkan Pemerintah Agar Libatkan Masyarakat Dalam Pembangunan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 16 September 2023 | 21:26 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel (SinPo.id/ Parlementaria)
Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id -  

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mengingatkan pemeirntah agar melibatkan masyarakat dalam pembangunan. Masyarakat tidak boleh hanya menjadi penonton saat negaranya tengah dibangun.

"Rakyat jangan jadi penonton pembangunan. Karena tujuan pembangunan adalah memajukan dan menyejahterakan rakyat, justru fokus pembangunan adalah rakyat," kata Gobel, Sabtu, 16 September 2023.

Gobel mengatakan pembangunan adalah upaya untuk membangun masyarakat agar terjadi perbaikan dan kemajuan di segala bidang secara sistematis dan terencana.  Maka, harus menyertakan dan melibatkan masyarakat. Salah satu bentuk yang paling sederhana adalah menjadikan masyarakat setempat sebagai tenaga kerja dalam kegiatan pembangunan tersebut.

"Tapi masyarakat juga jangan hanya ingin pekerjaannya. Masyarakat harus bisa bekerja keras dan meningkatkan kemampuannya," ujar Gobel menambahkan.

Gobel mengakui pembangunan sumber daya manusia menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo  atau Jokowi. Perbaikan itu dilakukan pemerintah mulai dari pendidikan, kesehatan, jaminan kesehatan, dan perjuangan mengatasi masalah stunting yang masih tinggi di Indonesia.

"Pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas bukan hanya agar masyarakat menjadi terlibat aktif dalam pembangunan, tapi juga menjadikan pembangunan dan kemajuan Indonesia menjadi terjamin keberlanjutannya," kata Gobel menjelaskan.

Gobel mengaku telah menanamkan investasi di Gorontalo Utara senilai Rp1,4 triliun, yaitu pembangunan pelabuhan internasional Anggrek untuk menjadi lokomotif pembangunan di Provinsi Gorontalo.

"Akan ada 100 ribu lapangan kerja yang tercipta dalam 30 tahun. Saya ingin rakyat Gorontalo yang benar-benar menikmatinya, baik terlibat secara langsung maupun secara tidak langsung pada industri penopangnya," katanya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI