Reog Ponorogo Berada di Urutan ke-39 Daftar WBTb UNESCO

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 27 Agustus 2023 | 18:48 WIB
Reog Ponorogo (SinPo.id/ Dok. Kemenko Perekonomian)
Reog Ponorogo (SinPo.id/ Dok. Kemenko Perekonomian)

SinPo.id - Sesmenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, mengapresiasi masuknya Reog Ponorogo dalam daftar Warisan Budaya Takbenda (WBTb) UNESCO di urutan ke-39. Hal itu ia sampaikan dalam “Pawai Budaya Reog Ponorogo 2023” di Gedung Perpustakaan Nasional RI.

Adapun kegiatan tersebut diselenggarakan dan diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) selaku Koordinator dari Program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), sebagai bagian dari upaya peningkatan apresiasi seni dan warisan budaya Indonesia.

“Perjuangan Reog Ponorogo sudah sangat panjang untuk dapat diusulkan menjadi Warisan Budaya Tak benda (WBTb) UNESCO," kata Susiwijono, Minggu 27 Agustus 2023.

"Tahun 2022 lalu, Pemerintah mengusulkan jamu terlebih dahulu. Alhamdulillah pada tahun 2023 ini, kita telah mendapatkan konfirmasi bahwa Reog Ponorogo masuk ke dalam list ke-39 sebagai WBTb UNESCO, yang akan disidangkan pada tahun 2024 nanti,” sambungnya.

Selain itu, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) diberikan tugas mengoordinasikan Program Gerakan Indonesia Mandiri (GIMa), dan bertanggung jawab atas terwujudnya perilaku masyarakat Indonesia yang mandiri.

Karena salah satu fokus gerakan tersebut yakni untuk meningkatkan apresiasi seni, kreativitas karya budaya dan warisan budaya. Hal itu juga merupakan bagian dari upaya memperbaiki dan membangun karakter bangsa Indonesia, sesuai dengan lima program GNRM, yang dilakukan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI