Urutan Residen Evil Dari Masa ke Masa

Laporan: Rias Audis
Selasa, 01 Agustus 2023 | 11:47 WIB
Resident Evil: Death Island (Sinpo.id/Bloody Disgusting)
Resident Evil: Death Island (Sinpo.id/Bloody Disgusting)

SinPo.id -  Masih ingatkah anda dengan film action Resident Evil? Film Seri yang telah dirilis sejak tahun 2000-an ini adalah film bertema tentang survival dari virus mematikan yang membuat orang-orang menjadi zombie. Film bergenre action dan sci-fi ini diadaptasi dari game berjudul serupa.

Untuk mengikuti jalan ceritanya, anda harus tahu urutan film Resident Evil dari awal sampai akhir.

Pasalnya, seri film ini tidak ada penomoran pada judul seperti seri film pada umumnya. 

Untuk itu, berikut urutan seri film Resident Evil sehingga anda tidak kebingungan lagi mengikuti alur ceritanya. 

1. Resident Evil (2002)

Film pertama Resident Evil dirilis pada 2002 yang mengisahkan tokoh Alice yang diperankan Milla Jovovich bekerja sebagai seorang agen keamanan swasta di Umbrella Corporation.

Alice bertugas untuk menjaga pintu masuk rahasia menuju laboratorium bawah tanah yang bernama The Hive. Ternyata laboratorium tersebut tidak sengaja melepaskan T-Virus yang bisa membuat orang yang sudah mati kembali hidup dan memakan manusia.

Sekitar 500 staf berubah menjadi zombie, hal itu membuat Alice dan tim yang tersisa berjuang untuk bertahan hidup agar tidak terpapar virus.

2. Resident Evil: Apocalypse (2004)

Di film kedua, Resident Evil: Apocalypse, Alice dan kawan-kawan berusaha keras mengevakuasi masyarakat di Raccoon City dari paparan virus zombi.

Raccoon City terbakar oleh rudal nuklir yang dikirimkan oleh para penduduk yang tersisa supaya virus tidak menyebar secara luas. Alice bersama Jill dan Peyton berhasil selamat dari rudal nuklir tersebut.

Di film kedua ini, Alice terinfeksi sebuah virus baru. Hal tersebut malah memunculkan kekuatan baru pada tubuhnya.

3. Resident Evil: Extinction (2007)

Pada film Resident Evil: Extinction ini menceritakan T-Virus mulai menyebar ke seluruh penjuru bumi sehingga jumlah zombi juga semakin banyak.

Sekelompok orang yang berhasil selamat dari insiden Raccoon City dan tengah melakukan perjalanan menuju Alaska guna melarikan diri dari kejaran ribuan zombie.

Alice kemudian mengetahui bahwa darah dalam tubuhnya yang mana telah mendapatkan virus mutan terbaru dapat dijadikan sebagai antivirus.

4. Resident Evil: Afterlife (2010)

Usaha Alice untuk melawan petinggi The Umbrella Corporation berjalan tidak mudah sebab para zombi sudah bermutasi menjadi sosok yang lebih berbahaya dari sebelumnya.

Selain itu, selama serangan berlangsung, Alice disuntikkan sebuah serum khusus untuk menghilangkan kekuatan mutannya.

Alice bersama rekan yang berhasil selamat lainnya, Claire Redfield pun bekerja sama untuk melawan perusahaan tersebut.

5. Resident Evil: Retribution (2012)

Pada film yang kelima ini memunculkan beberapa tokoh baru yakni Leon S. Kennedy dan Jill Valentine yang membantu penyelamatan Alice.

Kali ini, Alice harus menghadapi musuh baru yang berupa supercomputer bernama Red Queen. Sistem AI tersebut memiliki tujuan untuk melenyapkan kehidupan di planet bumi.

Para tokoh dalam film ini digambarkan hampir mirip dengan versi game, mulai dari senjata hingga penampilannya.

6. Resident Evil: The Final Chapter (2016)

Film Resident Evil yang ke-6 ini Alice kembali ke laboratorium The Hive yang terletak di bawah tanah Raccoon City.

Alice bersama teman-temannya tetap harus berpacu dengan waktu untuk membuat sebuah antivirus sebelum The Umbrella Corporation melepaskan kembali T-Virus untuk menghapus kehidupan di bumi ini.

Namun, Alice justru dikhianati oleh bagian dari timnya dan pertempuran terakhir ini adalah dengan kematiannya sendiri.

7. Resident Evil: Welcome to Raccoon City (2021)

Banyak perubahan yang dihadirkan pada film ke-7 ini dari keenam film sebelumnya. Tokoh utama dari film Resident Evil: Welcome to Raccoon City ini sudah bukan Milla Jovovich, melainkan Kaya Scodelario sebagai Claire Redfield.

Film ke-7 ini adalah reboot yang dibuat berdasarkan alur cerita dari video game dan berfokus pada 1998, tepatnya ketika munculnya wabah T-Virus di Raccoon City.

8. Resident Evil: Death Island (2023)

Terbaru, ada Resident Evil: Death Island yang rilis pada 14 Juli 2023. Film ini berlatar di San Francisco dan melanjutkan cerita dari film sebelumnya.
sinpo

Komentar: