PLN akan Olah Sampah Jakarta Jadi Energi Terbarukan

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 08 Juni 2023 | 21:37 WIB
Kerja sama Pemprov DKI dengan PLN (SinPo.id/ Dok. Pemprov DKI)
Kerja sama Pemprov DKI dengan PLN (SinPo.id/ Dok. Pemprov DKI)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkerjasama dengan PT PLN Persero dalam mengolah sampah menjadi bahan bakar jumputan padat (BBJP) untuk bahan pembakaran pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, kerja sama ini dalam upaya  mendukung akselerasi transisi energi dari yang tadinya berbahan bakar fosil menjadi bahan bakar energi baru terbarukan (ETB).

“BBJP ini adalah bagian dari energi terbarukan karena nol emisi. Sehingga, BBJP ini dapat menjadi salah satu solusinya," kata Darmawan dalam keteranganya, Kamis 8 Juni 2023.

Darmawan menuturkan, perusahaan listrik negara itu saat ini telah mengalokasikan sebanyak 1.000 ton untuk bahan bakar jumputan yang berasal dari 3.000 ton sampah. Dia mengapresiasi kerja sama ini, karena PT PLN (Persero) akan mendapat tambahan BBJP dari Jakarta. Ia menegaskan, PT PLN berkomitmen dalam transisi energi di Indonesia melalui peningkatan bauran Energi Baru dan Terbarukan.

Langkah yang telah dilakukan yaitu dengan berbagai inisiatif, misalnya PLN sudah membuat roadmap untuk beralih ke energi hijau sesuai Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL).

"Secara prinsip, kami ingin memastikan kehidupan generasi masa depan lebih baik lagi. Salah satu yang dilakukan saat ini adalah dengan mengatasi pemanasan global atau efek rumah kaca melalui transisi energi dari fosil ke energi terbarukan," tandasnya.sinpo

Komentar: