Anggota Komisi V DPR Usul LRT Jabodebek Gratis saat Awal Operasi

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 08 Juni 2023 | 02:03 WIB
LRT Jabodebek (Sinpo.id/Azhar)
LRT Jabodebek (Sinpo.id/Azhar)

SinPo.id -  Sebagai upaya menumbahkan kebiasaan masyarakat menggunakan transportasi massal, Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras mengusulkan menggratiskan tiket Kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) di awal masa operasi. Hal serupa sebelumnya juga pernah dilakukan di Sulawesi Selatan, di mana pada saat awal pengoperasian kereta api juga diberikan tiket gratis. 

”Masyarakat itu kan harus dibiasakan. Oleh karenanya dalam membiasakan masyarakat untuk menggunakan LRT paling minimal harus gratis dulu lah, percobaan," kata dia, di sela rapat Komisi V dengan Menteri PUPR di Gedung Nusantara, Jakarta, Rabu, 7 Juni 2023.

Melalui kebijakan itu, kata dia, 
masyarakat tidak terbebani dengan harga-harga yang akan ditetapkan oleh pemerintah. Dia mencontohkan tiket gratis untuk kereta api di Sulawesi Selatan.

"Supaya paling minimal masyarakat sudah terbiasa untuk menggunakan moda transportasi itu. Tentu kenaikannya akan lebih bertahap sehingga masyarakat selain mereka terbiasa dengan menggunakan itu juga dengan biaya yang cukup terjangkau,” ujarnya.

Layanan transportasi massal berbasis rel itu bakal mulai diuji coba pada 12 Juli 2023.

”Intinya seperti itu agar masyarakat ini kan banyak masyarakat kita pasca pandemi ini baru mulai beraktivitas. Tentu kita harus berikan support kepada mereka sehingga mereka tidak terbebani dengan pembiayaan yang cukup besar sementara ekonominya baru mau pulih,” tutupnya. sinpo

Komentar: