Neraca Perdagangan Indonesia Surplus, Banyak Sektor Jadi Pendukung

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 03 Juni 2023 | 03:28 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SinPo.id -  Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Jerry Sambuaga mengatakan  neraca perdagangan RI mencapai angka surplus. Menurut dia, ekspor Indonesia saat ini lebih besar daripada impor.

“Angkanya nggak sedikit. Jadi kalau ada yang bilang import kita lebih besar itu tidak tepat. Ekspor kita jauh lebih besar dan di Desember 2022 angkanya mencapai 54,46 miliar dolar, tertinggi sepanjang Indonesia merdeka,” kata dia pada Jumat 2 Juni 2023. 

Oleh sebab itu, Jerry memaparkan bahwa dirinya yakin banyak sektor-sektor termasuk olahraga yang bisa berkontribusi dalam perdagangan, sehingga pihak Kemendag pun siap mendukung gelaran DXI 2023 dalam bentuk apapun.

Dia mengapresiasi ajang pameran internasional kategori olahraga selam, olahraga air, olahraga esktrem, dan outdoor adventure itu.

“Saya mengapresiasi acara seperti ini dan saya mengucapkan terima kasih atas selama ini kolaborasinya dengan Kemendag. Dan yang pasti yang ingin saya sampaikan, dalam hal program, dalam hal penyelenggaraan, dan dalam fasilitas, kami siap untuk membantu,” ujarnya.

Menurut dia, banyak sektor yang berkontribusi terhadap perdagangan.

“Saya yakin kalau kita bicara soal olahraga atau apapun, banyak sektor-sektor yang bisa dikontribusikan ke perdagangan. Jadi Kemendag siap mendukung dalam bentuk apapun. Kami siap berkolaborasi dan memfasilitasi khususnya dalam kegiatan olahraga dan kegiatan lain yang bisa menunjang serta bisa memberikan kontribusi secara signifikan,” ujarnya.sinpo

Komentar: