KONFLIK RUSIA UKRAINA

Paus Fransiskus Akui Vatikan Terlibat Misi Perdamaian Rusia-Ukraina

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 01 Mei 2023 | 23:53 WIB
Pemimpin Katolik Paus Fransiskus (SinPo.id/ AP Photo)
Pemimpin Katolik Paus Fransiskus (SinPo.id/ AP Photo)

SinPo.id - Paus Fransiskus mengakui, Vatikan terlibat dalam sebuah misi perdamaian yang berusaha menghentikan konflik antara Rusia dan Ukraina. Kata dia, Vatikan siap membantu memulangkan kembali anak-anak Ukraina yang dibawa ke Rusia.

"Ada misi yang sedang berlangsung tetapi belum diumumkan ke publik. Ketika sudah diumumkan ke publik, saya akan mengungkapnya," kata Paus dilansir dari Reuters, Senin, 1 Mei 2023.

"Saya pikir perdamaian selalu terwujud dengan membuka saluran komunikasi. Anda tidak akan bisa mewujudkan perdamaian dengan menutup diri," sambungnya.

Paus mengungkapkan dia telah membahas situasi di Ukraina dengan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban dan Uskup Metropolit Hilarion, perwakilan Gereja Ortodoks Rusia di Budapest.

"Dalam pertemuan itu kami tidak hanya berbicara soal Gadis Kecil Bertudung Merah (dongeng anak-anak Eropa). Kami berbincang banyak hal. Setiap orang menginginkan perdamaian," katanya.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022, Paus menyerukan perdamaian hampir setiap pekan. Dia juga telah berulang kali mengungkapkan keinginannya menjadi penengah antara Kiev dan Moskow.

Ukraina memperkirakan hampir 19.500 anak telah dibawa ke Rusia atau wilayah pendudukan Krimea sejak Moskow menginvasi pada Februari tahun lalu. Kiev mengecam tindakan itu sebagai deportasi ilegal.

"Takhta Suci ingin melakukan ini (membantu memulangkan anak-anak) karena itu adalah hal yang benar," kata Fransiskus di dalam pesawat seperti dilansir Antara.sinpo

Komentar: