DPR Ingatkan Pejabat Negara Harus jadi Teladan bagi Publik

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 16 Maret 2023 | 20:06 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto (SinPo.id/ Ashar)
Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto mengingatkan agar pejabat negara mampu menjadi teladan bagi publik. Pejebat negara harus merepresentasikan sosok yang humanis, agamis, dan taat pada aturan.

"Taat kepada tata aturan peraturan perundang-undangan sehingga layak diteladani," kata Didik dalam diskusi yang digawangi Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) bekerja sama dengan Biro Pemberitaan DPR RI bertajuk 'Membedah Laporan LHKPN Di Tengah Sorotan Gaya Hedon Pejabat' di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 16 Maret 2023.

Pejabat negara juga harus mampu menjadi sosial kontrol di tengah-tengah masyarakat. Dia menyesalkan kejadian yang melibatkan beberapa pejabat Ditjen Pajak di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam kasus pamer kekayaan.

"Dalam konteks itu tentu di saat negara kita sedang berjuang untuk memperbaiki ekonomi kita, kemudian meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita, mengatasi pengangguran-pengangguran yang dari hari ke hari semakin terbuka. Ketika melihat pejabat-pejabat kita ini tidak punya empati, tidak punya simpati, tidak punya kesetiakawanan sosial terhadap nasib rakyat ya jelas ini akan mencederai rasa-rasa kesetiakawanan publik," ujarnya.

Didik juga mempertanyakan logika pejabat negara yang digaji dengan uang rakyat tapi di sisi lain rakyat kesulitan mengakses kesejahteraan. Para pejabat itu bahkan beserta keluarganya memamerkan kekayaannya.

Dia tak mempersoalkan jika pejabat negara atau aparatur sipil negara (ASN) memiliki kekayaan yang fantastis. Dengan catatan, sumber kekayaan itu jelas dan halal.

"Sepanjang taat bayar pajak, taat hukum, taat aturan, dan juga yang lebih penting adalah bisa berbagi dengan masyarakat yang lain," ucapnya.

Politikus Demokrat itu mengingatkan pejabat hidup tidak sendiri. Sehingga, pejabat dalam konteks menjalankan tugas harus bertanggung jawab kepada diri sendiri, linkungan, dan juga masyarakat Indonesia.

"Konsep dasarnya itu dan dalam kacamata itu, tentu kita juga harus menyadari bahwa seorang pejabat itu bukan hanya di dalam tugas dan tanggung jawabnya yang harus menjaga sikap, perilaku, etika, profesionalisme tapi juga di luar kedinasannya," tegas dia.

 sinpo

Komentar: