Koran Sin Po 7 Maret 1931

Penganggoeran di Tiongkok.

Laporan: Sinpo
Selasa, 07 Maret 2023 | 10:24 WIB
Koran Sin Po 7 Maret 1931 (Monash University/SinPo.id)
Koran Sin Po 7 Maret 1931 (Monash University/SinPo.id)

Ni waktoe di seloeroe doenia ada 4 banjak psnganggoeran, di saban negri moesti ada berdjoemblah besar orang jang tida poenja pentariah. Di Brittannie ada kira-kira doea millioen satengah, di Buitschland ada kira-kira ampat millioen,, dan di Amerika kabarnja tida koerang dari delapan millioen.

Tapi ada brapa banjak orang jang tida poenja pentjarian di Tiongkok? Satoe negri jang pendoedoeknja begitoe banj aikl dan keadahannja begitoe miskin tentoe sekali mempo-enjai penganggosran jang berdjoemblah besar. Dan penganggoeran di Tiongkok soeda berdjalan lama maski tida diperhatiken oleh doenia loear. Tapi heibatnja itoe bahaja penganggoer.an brangkali belon. perna ada seperti sekarang. Sepandjang katanja China Journal pemimpin-pemimpin, di Tiongkok seiarang dapet kanjatahan bahoea perampokan dan bahaja lapar di ito& negri ada sebagi symptoom jang kaliatan.

Tiongkok dari peng.anggoeran jang ini waktoe ada, oemoem di seloeroe doenia. Menoeroet sato katerangan dari Peiping, di provincie Honan sadja sekarang ada 2,600,000 orang jang tida poenja pencarian dan. Djoemblah orang jang bo-taw-lo di antero Tiongkok ditaksir ada 158,470,000. Ini angka tentoe sadja soesa boeat dipertjaja, kerna kasatoe tida diterangken dengen djalan bagimana didapetnja, dan. Kadoea itoe angka roepanja ada malebihin, dari antero djoemblah kaoem boeroéh di Tiongkok.

Tapi maskipoen djoemblah jang bener dari orang-orang jang nganggoer di Tiongkok ada djaoe lebih sedikit dari itoe angka toch aken tetap ada begitoe besar hingga orang moesti djadi tertjenggang. Boleh djadi orang bisa bikin doegahan jang lebih bisa dipertjaja dengen mendoegah djoemblahnja pendoedoek di provinciep.ovincie Kansu, Shensi, Shansi dan Honan jang soeda melariken diri dari kampoengnja lantaran lapar, terbit pembrontakan dan perang soedara jang soeda meroesak di itoe daerah-daerah dalem beberapa taon.

Pada ini djoemblah perloe ditambahken djoemblah soldadoe jang tida perloe, djoemblah bandiet-bandiet di selosroe negri, dan djoega sebagian pendoedoek di provincie-provincie jang padet.sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA
Koran Sin Po 21 April 1928, (Monash University/sinpo.id)
Tiongkok dan Barat.
Minggu, 21 April 2024
Koran Sin Po 30 Maret 1929 (Monahs University/SinPo.id)
Unificatie ka atas atawa ka bawah?
Sabtu, 30 Maret 2024
Koran Sin Po, 24 Maret 1928, (Monash University/SinPo.id)
Organisatie Tionghoa.
Minggu, 24 Maret 2024
Koran Sin Po 20 Maret 1926 (Monash University/SinPo.id)
“Bandjir besar di Brebes,”
Rabu, 20 Maret 2024
Koran Sin Po, 3 Maret 1928 (Monash University/SinPo.id)
Sifat nationaal dari sekola.
Minggu, 03 Maret 2024
Koran Sin Po, 19 Februrai 1927 (Monash University/SinPo.id)
Psychology dari Inggris.
Senin, 19 Februari 2024