Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, 1.369 Korban Mengungsi

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 05 Maret 2023 | 01:17 WIB
Korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang/ SinPo.id/ Ashar
Korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang/ SinPo.id/ Ashar

SinPo.id - Bencana kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara yang terjadi pada Jumat 3 Maret 2023 malam, menelan sebanyak 17 orang korban meningal dunia, dan 1.369 jiwa mengungsi. 

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Djuaeni mengatakan, terdapat sepuluh lokasi pengungsian sementara yang telah disiapkan untuk menampung para pengungsi yang terdiri dari dewasa, lansia, anak-anak, hingga balita. 

"Menurut data yang dihimpun petugas lapangan sebanyak 1.369 jiwa mengungsi di beberapa titik dan mereka sedang dalam perawatan dan pengawasan petugas lapangan," ujarnya dalam Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Sabtu 4 Maret 2023. 

Ia menuturkan, lokasi pengungsian yang disediakan saat ini diantaranya yakni, di Kantor PMI Jakarta Utara, Kantor Kelurahan Rawa Badak Utara, Masjid Assholihin Walang, RPTRA Rasela, Masjid Al Quroma RW 03 Rawa Badak Selatan. 

Kemudian di Kantor Kelurahan Rawa Badak Selatan, Masjid Al Muhajirin RW 07, SD IT Gema Insan Mandiri, Gedung Golkar, dan Kantor Sudin Ketenagakerjaan dan Energi Jakarta Utara. 

Ia juga menyampaikan, berdasarkan data yang dihimpun hingga pukul 09.00 pagi, tercatat 49 jiwa yang sedang dalam penanganan tim medis di 5 rumah sakit. Yakni di RS Pelabuhan (5 jiwa), RS Tugu Koja (10 jiwa), RS Mulyasari (15 jiwa), RS Koja (13 jiwa), dan di RS Firdaus (6 jiwa). 

Sementara itu, kata dia, untuk korban meninggal sebanyak 17 jiwa terdiri dari 15 dewasa dan 2 anak-anak.

Saat ini, lanjutnya, Suku Dinas Sosial Jakarta Utara juga telah menyiapkan makanan cepat saji di dapur umur Jalan Kramat Jaya, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. 

"Sebanyak 62 petugas dikerahkan untuk membantu pembuatan makanan cepat saji sejak pukul 02.00 dini hari. Sebanyak 2.600 boks makanan siap saji akan diberikan tiga kali sehari selama tiga hari mendatang," ucapnya. 

Lebih lanjut kata dia, selain dapur umum, Sudin Sosial Jakarta Utara juga telah mendistribusikan 20 lembar terpal, 19 lembar matras, 100 selimut, 60 dus biskuit, dan tiga tenda. 

Seperti diketahui, Kebakaran hebat terjadi di kawasan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang atau Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat 3 Maret 2023 malam.

Belum diketahui penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang tersebut hingga sekarang. Tim dari Mabes Polri yakni Labfor dan Bareskrim telah diterjunkan untuk mengusut penyebab kebakaran yang sejauh ini menewaskan belasan orang itu. sinpo

Komentar: