Belalang Goreng Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 04 Maret 2023 | 15:44 WIB
Belalang goreng/Halodoc
Belalang goreng/Halodoc

SinPo.id - Belalang yang merupakan salah satu dari ribuan spesies serangga yang dapat dimakan memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Belalang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Dan salah satu manfaatnya adalah meningkatkan fungsi kognitif hingga menurunkan kolesterol. 

“Bila diolah menjadi makanan, daging belalang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan fungsi kognitif hingga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.” kata dr. Fadhli Rizal Makarim dikutip dari Halodoc, Sabtu 4 Maret 2023. 

Adapun nutrisi yang terkandung dalam belalang, mulai dari seng, zat besi, kalsium, mangan, magnesium, riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), asam folat, serta biotin (vitamin B7). 

Lalu apa saja manfaat belalang goreng untuk kesehatan tubuh?

Melansir Halodoc berikut manfaat belalang goreng yang menarik untuk diketahui: 

1. Menjaga kesehatan saraf dan kognitif

Kuliner favorit di Thailand ini mengandung vitamin B1 dan B12. Vitamin tersebut dapat membantu menjaga kesehatan saraf termasuk juga kognitif.

Kekurangan vitamin B1 dapat memicu gangguan informasi pada otak.  Sedangkan vitamin B12 berperan dalam pembentukan mielin. Mielin merupakan lapisan yang melindungi saraf otak.

2. Baik untuk sistem pencernaan 

Pencernaan yang baik juga berkaitan dengan kualitas hidup yang baik pula. Mengonsumsi belalang dapat bermanfaat untuk sistem pencernaan. Salah satunya dikarenakan sumber protein yang mudah dicerna. 

3. Sumber protein tinggi 

Belalang mengandung protein yang lebih tinggi ketimbang daging. Namun, dibutuhkan sejumlah besar belalang untuk bisa menyamai atau malah melebihi kandungan protein daging. 

Meski begitu, fakta ini tetap menarik, karena serangga tersebut lebih ramah lingkungan dalam hal emisi karbon ketimbang sapi. Selain belalang, ada pula berbagai makanan yang kaya akan protein.

4. Efek antibakteri 

Belalang goreng mengandung senyawa penting yang memiliki efek antibakteri. Polisakarida yang disebut kitin, memiliki sifat antibakteri. Kitin bisa bermanfaat sebagai pelindung tubuh dari serangan bakteri.

5. Sumber antioksidan

Senyawa antioksidan yang ditemukan pada belalang dinilai merupakan sumber antioksidan yang baik. Sejauh ini, pertimbangannya karena tingkat stres pada hewan yang punya nama lain congcorang ini jauh lebih rendah timbang hewan lain. Seberapa baik sumber antioksidan bisa dipengaruhi dari habitat dan pola hidup makhluk hidupnya. 

6. Meningkatkan energi 

Belalang memasok lebih banyak energi ketimbang sereal seperti gandum. Ini bisa menjadi alternatif sumber energi pada makanan yang dikonsumsi.

Kadar lemaknya juga lebih tinggi ketimbang daging dan ikan. Tapi, bukan sembarang lemak lho, melainkan lemak tak jenuh. Jadi, jauh lebih menyehatkan. 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Terkait kandungan lemak tak jenuhnya, manfaat lainnya lagi adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu juga, makanan ini dapat berperan dalam meringankan peradangan. Nilainya bahkan tak jauh berbeda dari kacang-kacangan, alpukat, dan biji rami.

Karakteristik dan Fakta Mengenai Belalang

Meskipun belalang mengandung banyak nutrisi dan manfaat untuk kesehatan, tidak semua belalang bisa dimakan. Kamu direkomendasikan untuk memakan serangga yang dipelihara di peternakan.

Mengapa demikian? Simak penjelasan berikut ini:

1. Habitat belalang memengaruhi nutrisinya 

Belalang yang dipelihara di peternakan diberi pakan yang aman dan terkontrol. Sedangkan yang liar, kamu tidak tahu apa yang dimakannya. Bukan tak mungkin kalau serangga yang tertangkap di ladang, lebih cenderung mengandung logam berat atau pestisida dibandingkan dengan yang ditangkap di hutan. 

Logam berat seperti kadmium dan timbal dapat terakumulasi di dalam tanah dan diserap tanaman, yang kemudian dimakan oleh belalang. Logam berat dalam makanan dapat menguras nutrisi penting dalam tubuh.

Nah, hal di atas dapat mengakibatkan kecacatan yang terkait dengan malanutrisi, dan risiko kanker gastrointestinal yang lebih tinggi. Kanker gastrointestinal juga disebut sebagai kanker lambung.

2. Jangan konsumsi kakinya 

Kamu harus membuang kaki belalang sebelum memakannya. Duri besar di tulang keringnya dapat tersangkut di usus. Ini dapat menyebabkan penyumbatan di usus. 

3. Memicu alergi 

Bagi kebanyakan orang, memakan serangga mungkin tidak menyebabkan reaksi alergi. Namun, untuk orang yang memiliki alergi makanan laut, perlu hati-hati saat memakan belalang.

Tubuh hewan ini mengandung kitin, yaitu zat berserat yang sulit dicerna tubuh manusia. Nah, ada kemungkinan beberapa orang alergi terhadap kitin.

4. Mengenal karakteristik belalang 

Belalang memiliki tiga ruas tubuh utama yaitu kepala, dada, dan perut. Kepalanya memiliki sepasang mata majemuk, tiga mata sederhana dan sepasang antena yang peka terhadap lingkungan. 

Dada dan perut belalang memiliki kutikula kaku yang terdiri dari pelat yang tumpang tindih yang terbuat dari kitin. Segmen toraks memiliki 3 pasang kaki dan 2 pasang sayap. 

Perutnya terdiri dari 11 segmen sementara kaki dikelilingi oleh cakar untuk memegang teguh apa pun. Belalang jantan biasanya lebih kecil dari belalang betina yang memiliki ovipositor pendek seperti pahat. Spesies jantan biasanya menghasilkan suara kicau yang keras untuk menarik perhatian betina.sinpo

Komentar: