Sate Blengong dan Kupat Glabed, Kuliner yang Tak Boleh Terlewat Jika ke Brebes

Laporan: Sinpo
Minggu, 12 Februari 2023 | 04:55 WIB
Kupat glabed dan sate blengong/ Dok. Pemprov Jateng
Kupat glabed dan sate blengong/ Dok. Pemprov Jateng

SinPo.id - Bukan hanya telur asin, Brebes juga memiliki banyak kuliner menarik lain. Salah satu kuliner yang menjadi ciri khas kabupaten penghasil bawang merah ini yaitu sate blengong.

Dikutip website resmi Pemprov Jateng, blengong hewan yang merupakan hasil kawin silang antara bebek dan entok. Mencari kuliner sate blengong ini pun terbilang cukup mudah. Banyak warung-warung yang menyediakan kuliner ini. 

Kebanyakan warung sate blengong mulai beroperasi sore menjelang malam hari. Salah satu yang cukup terkenal yakni Sate Blengong Mbak Inah yang terletak di kompleks Alun-alun Kabupaten Brebes. Warung yang letaknya di pinggir jalur Pantura ini dikenal tak pernah sepi pengunjung.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari sate blengong terletak dari bentuk tusuknya yang memanjang dari bambu. Bahkan panjangnya bisa dua atau tiga kali tusuk sate pada umumnya. Potongan dagingnya pun cukup besar dibanding sate lainnya, dengan bumbu berwarna kemerahan.

Secara tekstur,daging sate blengong mirip bebek yang memiliki serat, akan tetapi dagingnya terasa lebih lunak dan lembut saat dikunyah.Menikmati sate blengong ini menjadi salah satu pengalaman baru lantaran daging blengong yang kaya tekstur. 

Sate blengong ini punya cara olah yang cukup sulit, jika tidak benar dalam mengolahnya, daging dapat menjadi alot dan amis. Sebelum disajikan, daging biasanya dibumbui dan diungkep dengan merebusnya dalam kuah rempah.

Proses pengolahan memakan waktu kurang lebih dua hingga dua setengah jam. Setelah diungkep, daging diolah menjadi sate, yang bisa dibakar ataupun dimasak. 

Tak hanya sate blengong, di warung ini juga disediakan menu kupat glabed. Pada kupat glabed disajikan dengan kuah lodeh atau opor yang kental dan gurih, dengan toping bawang goreng dan juga remahan kerupuk warna-warni atau mie. 
 sinpo

Komentar: