Kata Fahri Hamzah Terkait Pernyataan Presiden Jokowi

  • Laporan:
Jakarta, sinpo.id - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah turut berkomentar terkait pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut ada banyak undang-undang dibuat yang mengandung "titipan sponsor".

Menurut Fahri, ke depan pemerintah tidak perlu lagi bekerjasama dengan DPR untuk membahas soal undang-undang, baik itu tata cara hingga ke tahap pengambilan keputusan.

"Pertama kami menyambut presiden mengupayakan pemerintah tidak perlu lagi ikut dalam membahas UU. Tentu ini memerlukan perubahan UU tentang cara pembuatan UU P3 istilahnya," tegas Fahri.

Lebih lanjut Fahri menyimpulkan, seharusnya sponsor, atau aspirasi itu datangnya melalui DPR, karena DPR perwakilan rakyat, bukan pemerintah.

"Jadi dengan disetujuinya cara membuat UU, lalu di mana pemerintah tidak perlu terlibat membuat UU pada tingkat pertama. Ini akan membuat lebih efisien ketika menyusun UU dengan lebih aspiratif," jelas fahri

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo kembali menyindir proses pembuatan undang-undang di legislatif atau Dewan Perwakilan Rakyat.

Jokowi menyebut banyak undang-undang yang mengandung "titipan sponsor". Sindiran kali ini disampaikan Jokowi saat berpidato dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia di Jakarta Convention Center

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar