KM Nurul Hidayah Tenggelam di Kepulauan Seribu karena Kelebihan Muatan

Laporan: Sinpo
Sabtu, 24 Desember 2022 | 06:42 WIB
Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

SinPo.id -  KM Nurul Hidayah tenggelam di sekitar Pulau Payung, Kepulauan Seribu, Jakarta, pada Jumat 23 Desember 2022. Kapal tradisional itu tenggelam karena kelebihan muatan.

"Pukul 08.45 WIB telah terjadi kapal tenggelam KM Nurul Hidayah yang disebabkan mesin mati dengan muatan berlebih dengan lokasi kejadian di sebelah barat daya Pulau Payung Kepulauan Seribu Selatan," berdasarkan keterangan Tim SAR Jakarta yang diteruskan Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji pada Jumat 23 Desember 2022.

Insiden itu bermula saat kapal itu mengangkut sejumlah barang dan tiga orang warga. Kapal itu berangkat dari Dermaga Kronjo membawa 60 sak semen, 6 kubik selkon, 1,5 kubik balok, 15 karung beras ukuran 50 kilogram, dan air mineral gelas sebanyak 50 dus.

KM Nurul Hidayah sempat mati mesin dan terombang-ambing di lautan.
Kapal kemudian lama-lama miring ke sebelah kiri dan akhirnya tenggelam. Kapal sempat dibantu KM Doa Ibu 2 yang melintas.

"Pukul 09.00 WIB, tepatnya di sebelah barat daya Pulau Payung, kapal ojek KM Nurul Hidayat mengalami kemiringan ke sebelah kiri yang disebabkan oleh air yang sudah masuk melalui bagian belakang sebelah kiri/dekat mesin sehingga menyebabkan KM Nurul Hidayat miring dan tenggelam," tulis keterangan itu.

Tiga orang penumpang dan tiga orang anak buah kapal dievakuasi ke KM Doa Ibu 2. Isnawa memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.sinpo

Komentar: