Komentar Rasis pada Film Disney "The Little Mermaid", Ini Tanggapan Trevor Noah

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 18 September 2022 | 17:12 WIB
Halle Bailey, saat berperan sebagai putri duyung Ariel di film The Little Mermaid (SinPo.id/Tangkapan layar)
Halle Bailey, saat berperan sebagai putri duyung Ariel di film The Little Mermaid (SinPo.id/Tangkapan layar)

SinPo.id - Aktor sekaligus komentator politik asal Afrika Selatan, Trevor Noah, melawan reaksi rasis sekelompok netizen terhadap trailer film "The Little Mermaid" yang baru saja dirilis Disney.

Pasalnya, film yang dibintangi oleh penyanyi kulit hitam, Halle Bailey, yang berperan sebagai putri duyung Ariel, dibanjiri dengan kritikan dari kelompok rasis.

“Sekali lagi, sekelompok rasis internet kesal karena karakter fiksi dimainkan oleh orang kulit hitam. Ini sangat konyol," kata Noah, dilansir dari Variety, Minggu 18 September 2022.

Pihaknya juga kritik atas klaim yang mengatakan bahwa Bailey tidak terlihat seperti Ariel dalam film animasi Disney 1989 yang menampilkan sosok putri duyung berkulit putih.

"Mereka berdua memiliki ekor, mereka berdua memiliki rambut merah," paparnya.

Lebih lanjut, Noah mengingatkan kepada seluruh kelompok rasis untuk berhenti bersikap konyol, karena menurutnya, dunia Little Mermaid merupakan sebuah imajinasi dan karya yang indah.

“Saya harap skandal ini tidak membayangi peluncuran film. 'The Little Mermaid' adalah kisah indah tentang seorang wanita muda yang mengubah identitas intinya untuk menolong seorang pria. Jangan lupakan itu," imbuhnya.

Tak hanya "The Little Mermaid", sebelumnya film “House of the Dragon” dan “The Lord of the Rings: The Rings of Power”, juga mendapat banyak kritikan karena dibintangi oleh aktor kulit hitam.

Menanggapi hal itu, aktris asal Amerika, Whoopi Goldberg, juga mengingatkan agar para penggemar yang kesal tidak bersikap rasis terhadap tokoh dalam kedua film tersebut.

"Tidak ada naga. Tidak ada hobbit. Apakah kalian mencoba memberi tahu saya bahwa orang kulit hitam juga tidak bisa menjadi aktor? Apakah itu yang kalian katakan kepada saya? Ada apa dengan kalian semua?," kata Goldberg menanggapi.sinpo

Komentar: