Tri Suaka Bersumpah Demi Allah Klarifikasi Video 'Lecehkan' ABK! Sejumlah Musisi Komentar Begini

Laporan: Samsudin
Kamis, 28 April 2022 | 13:28 WIB
Aksi Tri Suaka dan Zinidin Zidan yang dituding lecehkan ABK/net
Aksi Tri Suaka dan Zinidin Zidan yang dituding lecehkan ABK/net

SinPo.id - Penyanyi spesialis cover lagu, Tria Suaka buka suara terkait video viral yang dituding melecehkan anak berkebutuhan khusus (ABK) belum lama ini. Ia mengatakan, apa yang terlihat di video itu tidak sesuai dengan kenyataan.

Sebelumnya, video Tri Suaka dan Zinidin Zidan menirukan gestur tubuh penyandang disabilitas dianggap menghina ABK. Sontak saja video tersebut langsung menjadi sorotan banyak orang, termasuk musisi asli Yogyakarta, Agus Riyono alias Patub, gitaris grup band Letto.

Patub tampaknya geram dengan tingkah laku kedua musisi baru tersebut. Tentu saja apa yang dilakukan oleh Tri Suaka dan Zidan itu sangat lah tidak pantas.

"Duh, nak. Memang pantas ditonjok mukamu. Tolong mentionkan akunnya dong. Aku nggak punya," tulis Patub dengan bahasa Jawa di Twitter.

Terkait video viral itu, Tri Suaka pun membuat klarifikasi melalui akun Instagramnya. Tri Suaka mengatakan bahwa ia dan Zidan tidak ada niatan menghina anak berkebutuhan khusus.

"Kepada orang tua yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Demi Allah, saya dan Zidan tidak ada niat sama sekali untuk melecehkan atau menghina Anak Berkebutuhan Khusus," tulisnya di Instagram.

Ia menyebut apa yang dilakukannya bersama Zidan meniru sebuah gerakan yang tengah viral du TIktok, yaitu tren KULBET atau kul banget.

"Apa yang kami peragakan dalam video yang viral belakangan, adalah gerakan dalam trend KULBET (kul banget) yang populer di Tiktok/IG. Dan lokasinya itu pun bukan di rumah sakit itu di lokasi tempat kami event di tempat rehabilitasi Jakarta. Gerakan itu pun bukan kami yang menciptakan dan mempopulerkan. Kami membuat video itu saat trend kulbet sedang ramai. Bapak dan Ibu bisa cek trend kulbet di TikTok maupun IG," lanjutnya.

Meskipun begitu, Tri Suaka tetap menyampaikan permintaan maafnya jika ada pihak yang tersinggung dan atas kehebohan yang terjadi.

"Sekali lagi, kami tidak berniat menghina ABK apalagi melecehkan. Kami pun tidak menyangka bahwa video tersebut bisa disalahartikan dan disebarkan hingga menimbulkan keresahan. Sekali lagi kami mohon maaf atas kehebohan yang terjadi," pungkasnya.

Respons netizen

Video klarifikasi Tri Suaka mendapat dukungan dari sejumlah musisi ternama. Sebut saja misalnya Anji Manji hingga Ifan Seventeen memberikan komentar.

“Biasanya Tri, kalo ada “badai” datang tapi kita bisa ambil pelajarannya, Allah akan menaikkan derajat kita,” tulis Ifan Seventeen di kolom komentar.

“Meminta maaf adalah perbuatan mulia, kita salah lalu minta maaf itu hal biasa, meminta maaf ketika tak bersalah itu luar biasa… ingat, 1 masalah sama dengan 1 orang guru… Banyak “ istighfar,” imbuh @Derrysulaiman.

“Ini fitnah yang sudah keterlaluan, Aku yakin kalian yang melek sosial media, pasti tau akan Viral nya tren KULBET ini, please jangan menutup mata bahwa tren itu ada, berita ini Mengada ngada dan di paksa di sambung2kan hingga terjadi kegaduhan,” timpal @anggacandraaa.

“Aku sebagai orangtua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus tidak merasa kontennya menyinggung, karena aku tahu trend kulbet yang dimaksud. Semoga orangtua ABK lain bisa mengerti yang ini ya Tri. Semoga bisa melewati semua badai ini dengan baik ya kalian,” tulis @duniamanji.sinpo

Komentar: