Rusia Klaim Tembak Mati 30 Tentara Bayaran Polandia Di Ukraina

Laporan: Samsudin
Jumat, 15 April 2022 | 15:31 WIB
Bekas ledakan serangan Rusia di Horodnya, Chernihiv, Ukraina/AP Photo
Bekas ledakan serangan Rusia di Horodnya, Chernihiv, Ukraina/AP Photo

SinPo.id - Perang Rusia dan Ukraina terus berlanju. Belum ada tanda-tanda gencatan senjata dalam waktu dekat ini. Ditengah eskalasi perang yang meningkat, Rusia mengatakan telah membunuh hingga 30 tentara bayaran Polandia yang berperang untuk pasukan Ukraina di wilayah timur laut, Kharkiv.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukan roket strategisnya “menghabisi hingga 30 tentara bayaran Polandia” dalam serangan di desa Izyumskoe, tidak jauh dari kota Kharkiv.

Mereka juga menjanjikan lebih banyak serangan terhadap Kiev dan mengatakan pihaknya telah menyerang sasaran militer di tepi ibukota semalam.

Kementerian mengatakan pasukannya juga telah sepenuhnya menguasai Pabrik Baja Ilyich di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung.

Disisi lain, Presiden Ukraina, Volodmyr Zelensky mengatakan, invasi Rusia 'tidak masuk akal' dan 'bunuh diri'. Hal itu dikatakan Zelensky dalam pidatonya pada hari ke-50 invasi Rusia ke Ukraina.

 Zelensky juga bertanya mengapa dunia masih memperdebatkan sanksi yang diperlukan ketika pasukan Rusia sudah mengulangi invasi di Ukraina.

Zelensky menekankan apa yang disampaikanya itu bukan pertanyaan retoris.

“Ini adalah pertanyaan tentang betapa absurdnya invasi ke Federasi Rusia ini. Betapa bunuh diri untuk semua yang diduga 'dilindungi' oleh Rusia. Untuk budaya Rusia ... bahkan untuk bahasa Rusia. Rusia membakar semua ini dengan senjatanya,” tambahnya.sinpo

Komentar: