APBD Pemda Belum Terealisasi, Bamsoet Ingatkan Percepat Realisasi untuk Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi

  • Laporan:
SinPo.id - Ketua MPR Bambang Soesatyo menanggapi sejumlah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang belum terealisasikan hingga Mei 2021. 
“Meminta pemerintah mendesak Pemerintah Daerah/Pemda untuk mempercepat realisasi APBD 2021, salah satunya melalui program padat karya yang dibuat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional pasca terdampak pandemi covid-19,” kata Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (6/05).


Ia manambahkan bahwa Pemda harus bekerja sama dengan kementerian/lembaga lainnya untuk meningkatkan realisasi APBD pada kuartal kedua (Q2) sehingga tidak menumpuk pekerjaan di akhir tahun. Mengingat realisasi APBD Tahun 2021 merupakan hal penting yang perlu difokuskan, karena akan menjadi landasan pemulihan ekonomi tahun 2022. 

“Saya meminta pemerintah daerah yang sampai saat ini belum selesai menyusun realisasi APBD, agar melakukan dialog  dengan pemerintah pusat jika terdapat kesulitan atau hambatan dalam menyusun laporan realisasi APBD tersebut, agar hambatan dapat segera diselesaikan,” jelas Bamsoet.

Bambang Soesatyo juga meminta pemerintah pusat agar Pemda membuat tim khusus atau tim teknis untuk penyusunan APBD, sehingga penyusunan laporan APBD dapat lebih detail dan fokus serta Pemda juga dapat memperhatikan proporsi belanja modal yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, baik untuk pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar