Bamsoet Minta Pemerintah Pertimbangkan Pembukaan Kunjungan Turis Asing

  • Laporan:
SinPo id, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyebut pemerintah perlu mempertimbangkan rencana pembukaan kunjungan turis asing oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan dilakukan pada bulan Juni-Juli 2021 masih on track. 

" Meminta pemerintah tetap mempertimbangkan dan memantau perkembangan covid-19 di Indonesia maupun di berbagai negara dalam menetapkan satu kebijakan, sebagai upaya memberikan perlindungan terhadap warga, serta tidak memaksakan pembukaan turis masuk ke Indonesia apabila situasi masih belum memungkinkan," kata Bamsoet dalam pernyataan tertulis yang SinPo.id, Rabu, 5 Mei 2021. 

Ia juga meminta pemerintah melakukan pendataan terhadap negara-negara yang di negaranya terjadi perkembangan mutasi covid-19, seperti India, Afrika Selatan, dan Inggris yang belum lama ini diketahui mulai masuk ke Indonesia, dan juga yang masih memiliki jumlah kasus aktif covid-19 yang tinggi.

" Pemerintah perlu membuat perencanaan yang matang jika kebijakan pembukaan kunjungan turis asing dimulai, seperti pembatasan kuota, syarat kesehatan, protokol kesehatan, hingga prosedur kedatangan turis, guna memastikan turis asing tersebut tidak menyebarkan covid-19 ataupun variannya di Indonesia.

"Meminta pemerintah memastikan dan terus melakukan monitoring terkait kesiapan internal dari dalam negeri, baik dari pengelola tempat wisata, hotel tempat menginapnya turis, maupun pemerintah daerah, dikarenakan kebijakan diperbolehkannya kembali turis masuk ke Indonesia harus didukung dengan kesiapan yang maksimal," tuturnya.

Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar