Ketua DPD RI Berharap Pertemuan Pemimpin ASEAN Selesaikan Krisis Myanmar

  • Laporan:

Kedua mereka sepakat untuk memulai dialog konstruktif di antara semua pihak terkait untuk mencari solusi damai demi kepentingan rakyat Myanmar.

Ketiga adanya Utusan Khusus Ketua ASEAN yang akan memfasilitasi proses mediasi dengan mendapat asistensi dari Sekretaris Jenderal ASEAN. Keempat, ASEAN akan memberikan asistensi kemanusiaan melalui ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance for Disaster Management (AHA Centre). Terakhir, Utusan Khusus ASEAN dan delegasinya akan mengunjungi Myanmar untuk bertemu dengan para pihak yang berkonflik.

Namun Senator asal Jawa Timur itu berharap konsensus benar-benar diimplementasikan, bukan hanya sekadar kesepakatan di atas meja.

&ldquo Pertemuan Pemimpin ASEAN itu langkah pembuka, tetapi poin pentingnya bukan pada hasil kesepakatannya, yang utama adalah penerapan di lapangan. Kita berharap lima poin itu dilaksanakan sehingga kekerasan berhenti, demokrasi dan perdamaian di Myanmar kembali seperti semula,” ujarnya.

Ditambahkannya dibutuhkan komitmen dari Indonesia dan negara ASEAN lainnya untuk membantu penyelesaian masalah tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar