DPD RI Siap Dukung Suksesnya Pelaksanaan PON XX Papua 2021

Laporan: Lilis
Selasa, 16 Maret 2021 | 19:30 WIB
La Nyalla (Dok. Istimewa)
La Nyalla (Dok. Istimewa)

sinpo, DPD RI sebagai representasi daerah akan mendukung langkah-langkah positif Kementerian Olahraga untuk suksesnya pelaksanaan PON ke XX Papua demi kemajuan dan eksistensi berbagai cabang olahraga di Indonesia. Hal itu diungkapkan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat menerima Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali terkait persiapan penyelenggaran PON Papua 2021, di Ruang Delegasi Ketua DPD RI Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (16/4/2021).

“Pelaksanaan PON Papua 2021 kali ini harus tetap mengedepankan unsur prestasi, sekaligus protokol kesehatan, sehingga diharapkan akan menghasilkan atlet-atlet berprestasi dan bermental juara, diharapkan ke depannya mampu menembus panggung olahraga internasional,” tukas LaNyalla pada pertemuan tersebut.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali pada kesempatan ini mengungkapkan kemajuan persiapan penyelenggaraaan PON Papua 2021. Berdasarkan laporan Kementerian PUPR dan Pemprov Papua, venue pertandingan hampir semua tuntas 100 persen, tinggal venue Panahan, Sepatu Roda dan Dayung diperkirakan rampung April 2021. Persiapan akomodasi dan tranportasi atlet di Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke sudah hampir rampung.

“Kontingen dari 34 provinsi telah menyatakan kesiapan mengikuti PON Papua 2021. Saat ini dibutuhkan dasar hukum baru KepPres dan Inpres 2020 menjadi 2021, isi tetap, hanya saja tahun berbeda karena DIPA Kemenpora bisa berakibat temuan, dan Presiden sudah memberi arahan untuk segera diperbaiki,” ujar Zainudin Amali.

“Selanjutnya pelaksanaan PON Papua 2021 dengan atau tanpa penonton, ataukah dibatasi, masih dievaluasi dan dikoordinasikan, hal ini merupakan pekerjaan panitia. Selain itu juga, keikutsertaan offisial, atlet hingga panitia harus sudah divaksinasi,” tambahnya.

Harapan Menpora, para Anggota DPD RI memastikan kesiapan partisipasi kontingen di daerah masing-masing terutama memastikan anggaran masuk di tahun anggaran 2021, juga promosi dan sosialisasi PON Papua 2021 tersebut. 

Selain itu, Menpora juga melaporkan masalah keamanan, dimana pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, juga TNI/Polri dalam mengamankan jalannya PON Papua 2021.

Senada dengan itu, Ketua Umum KONI, Marciano Norman optimis PON XX Papua bisa bergulir tahun 2021 ini.

“Terkait masalah anggaran dan vaksin para atlet, para Senator diharapkan benar-benar harus dipastikan ke pihak daerah, hal ini terkait kesuksesan pelaksanaan gelaran PON Papua 2021,” katanya.

Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni pada pertemuan ini menyampaikan, Komite III DPD RI yang membidangi olahraga,  menyatakan kesiapan para Senator 34 Provinsi di seluruh Indonesia untuk menyukseskan gelaran PON Papua 2021 di daerahnya masing-masing.

“Senator seluruh Indonesia akan menggaungkan PON Papua 2021 di daerah masing-masing, ini kerja semua pihak dan perlu sekali, Ketua DPD RI bahkan sudah terjun langsung ke Papua melihat kesiapan PON Papua 2021 beberapa waktu lalu,” tambah Senator asal DKI itu.

Pekan Olahraga Nasional ke-XX, disingkat PON XX, atau PON Papua 2021, adalah ajang olahraga nasional utama yang diselenggarakan di Papua. Pekan Olahraga Nasional 2021 akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. Stadion Lukas Enembe menjadi lokasi utama penyelenggaraan edisi ini, mulai dari upacara pembukaan maupun penutupan. Tagline yang diangkat pada event ini adalah "Torang Bisa" yang merupakan bentuk penyemangat khas Papua, ajang ini semula akan diadakan pada tahun 2020, namun ditunda ke tahun 2021 sehubungan dengan Pandemi Covid-19.sinpo

Komentar: