Papua

Membangun Papua, Senator Filep Minta Bappenas Harus Kerjasama dengan Dewan Adat dan Perguruan Tinggi

  • Oleh:

Kalau pemerintah mau membangun pertanian, perikanan, perkebunan dan lainnya maka pemerintah bisa melakukan riset keterpaduan antara pembangunan industri modern dan konsep kearifan lokal di wilayah adat. Sehingga itulah kata Filep, yang bisa disebut pembangunan berbasis wilayah adat.

“Supaya program ini dapat terlaksana, maka Bappenas dapat bekerjasama dengan Dewan Adat Papua, dan Perguruan Tinggi di Papua,” saran Filep.

Ia menyebut tipologi pembangunan di Papua yang harus diperhatikan adalah adat, agama, dan pemerintahan. "Inilah stake holder utama perancang kebijakan pembangunan di daerah berbasis wilayah adat," tambah Filep.

Filep yang juga dosen itu berharap pemerintah harus memahami bahwa penataan wilayah adat tidak bisa dipandang hanya dari satu aspek ekonomi saja. Menyikapi kebijakan tersebut, maka Bappenas menurut Filep justru tidak menyentuh filosofi dari wilayah adat sebagaimana pemahaman masyarakat adat.

"Masyarakat adat memandang bahwa yang disebut dengan wilayah adat adalah keseluruhan hak yang dimiliki oleh masyarakat adat pada wilayah tersebut," jelas Filep lagi.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar